PENTINGNYA PENGUMPULAN DAN PENGANGKUTAN SAMPAH



Pengumpulan dan pengangkutan sampah penting karena:

  1. Sangat berpengaruh terhadap citra suatu kota. Kebersihan suatu kota dipengaruhi oleh pengumpulan sampah. Sampah yang tercecer dan menumpuk di suatu tempat tanpa pengolahan lanjutan akan berpengaruh terhadap estetika suatu kota. Belum lagi masalah bau, air lindi dan lalat akibat tumpukan sampah tersebut. Tumpukan sampah menjadi indikator ketidakmampuan pemerintah dalam mengelola sampah.
  2. Pembiayaan untuk pengumpulan dan pengangkutan sampah relatif dominan dibandingkan pengelolaan sampah pada tahapan selanjutnya. Secara umum pengumpulan dan pengangkutan sampah adalah 60 - 80% dari seluruh sistem pengelolaan sampah.
  3. Pengumpulan dan pengangkutan sampah melibatkan tenaga kerja yang relatif banyak. dan seringkali kualifikasi pekerja yang terlibat sangat rendah dengan pendidikan minimal. Lokasi pengumpulan yang tersebar memerlukan banyak tenaga kerja.
  4. Variasi armada dan rute yang dipilih akan berpengaruh pada efisiensi pengumpulan dan pengangkutan sampah. Kondisi topografi yang datar dapat menggunakan armada pengumpulan manual dibandingkan topografi yang berbukit / tidak rata. 

Sampah yang tercecer mengurangi estetika kota



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penanganan Sampah Masker Bekas dari Pemakaian Mandiri pada Masa Pandemi COVID 19

Jenis Sampah Yang Tidak Boleh Dibuang ke TPA

PENGOLAHAN SAMPAH MENJADI REFUSE DERIVED FUEL (RDF)

NOT IN MY BACK YARD (NIMBY)

MANAJEMEN SOSIAL TERHADAP PEMULUNG DI TPA (TEMPAT PEMROSESAN AKHIR) SAMPAH

Pembakaran Sampah Terbuka / Open Burning

PEMILIHAN ALAT ANGKUT SAMPAH

DENSITAS SAMPAH

Kualitas REFUSE-DERIVED FUEL (RDF) yang diinginkan